Monday, July 7, 2008

PBL dan Critical Thinking

Artikel ini saya dapatkan secara kebetulan, saat searching artikel untuk assignment saya yang kedua di Systematic & Critical Reviews of Research. Saya melihat..... menarik juga content dari artikel ini.

Judul dari artikel tersebut adalah "A systematic review of selected evidence on developing nursing students’ critical thinking through problem-based learning" (Yuan, William & Fan 2008). Artikel ini merupakan systematic reviews dari beberapa hasil research yang sudah dilakukan dengan topik implementasi PBL dan perkembangan kemampuan critical thinking pada nursing students. Hasil2 research tersebut disearch di CINAHL, Proquest, Pubmed, dan Cochrane Library.

Hasil review ini menyebutkan bahwa dari evidence yang ada tidak mendukung pernyataan bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan critical thinking. Sehingga reviewer menyarankan untuk melakukan penelitian/review lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan penelitian yang mempunyai high value.

Sumber:
Yuan, H, Williams, BA & Fan, L 2008, A systematic review of selected evidence on developing nursing students’ critical thinking through problem-based learning, Nurse Educ. Today.

No comments: