Thursday, July 24, 2008

Something different

It's been six month for me to stay in Adelaide...many stories and experiences I have faced. Sekadar berbagi setelah experiences tersebut saya refleksikan dan ada beberapa hal yang membuat saya tertarik untuk menulisnya disini.



Independensi...mungkin itulah kata yang paling tepat untuk perbedaan yang pertama. Hampir setiap saat naik bus ato jalan ke shopping center saya melihat orang2 yang sudah senior (lanjut usia, red) juga sangat menikmati kehidupan. Walaupun saat berjalan harus dibantu dengan walker, scooter ato bahkan ada yang membawa tabung oksigen...mereka dengan bahagia melakukannya. Satu lagi pernah ada grandma yang tubuhnya udah tremor semua, kerutan banyak di wajahnya, tapi tetap pede untuk jalan sendiri. Saya coba bayangkan di Indonesia, kayaknya jarang banget ada lansia yang bepergian sendiri. Mungkin sih related dengan culture, tapi bagus juga sepertinya bila bisa diimplementasikan.

Selain lansia, disini orang2 yang disable juga bisa menikmati kehidupan...mereka bisa pergi naik bus dg menggunakan wheel chair (hampir setiap bus ada tempat khusus untuk yg menggunakan wheel chair) trus jalan2 di mall. Sesuatu yang kayaknya hampir mustahil dilihat di negeri kita.



Caring.... walaupun dibilang para bule individualistis, namun ternyata ngga juga... Waktu itu saya habis berjalan ke Cleland wildlife, saat turun dari bus sambil menggendong Danisha (anak ke2 saya) yang baru tidur, saya mencari tempat duduk di bus stop. Tiba-tiba ada seorang bapak yang melambai ke saya, "c'mon hurry up " katanya. Saya bingung kenapa emang, takutnya ada yang salah dengan saya. Ternyata di belakang bus yang saya naiki, ada bus dengan tujuan city yang akan saya naiki juga. Alhamdulillah...masih ada orang baik di dunia ini. Ternyata itu belum cukup, bapak tersebut langsung memberikan jalan buat saya untuk naik bus duluan, dimana banyak orang2 asia yang masih muda langsung masuk aja. Many thanks for you Sir..



Satu lagi, waktu itu saya naik bus pas mau pulang ke rumah. Di dalam bus ada dua teenagers yang bertanya ke sopirnya terkait suatu tempat. Si sopir menjawab I'm not so sure, tiba2 ada seorang ibu yang baru asik membaca buku langsung meresponsnya, "I'll go there, just stay with me".



Satu lagi, pas naek juga, ada seorang ibu berwajah asia yang berperawakan kecil...lebih kecil dari saya mau turun dan tangannya ga sampai untuk push button di bus, langsung ada seorang ibu yang memencetkannya. Alhamdulillah lagi....makin banyak orang baik di dunia ini.



Refleksi tersebut tentu membuat saya malu sendiri, sudahkah saya mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan ..padahal dalam QS Ar-Rahman berulangkali ada ayat yang artinya "dan nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?", dan juga di QS Ibrahim, yang menerangkan bila kita bersyukur niscaya Allah makin akan melimpahkan rahmatNya.

Ya Allah...jadikanlah hambaMu ini termasuk orang yang selalu bisa mensyukuri segala nikmat yang Engkau berikan dan bisa menggunakan nikmatMu untuk segala kebaikan. Amin

No comments: